November 30, 2020

CARA MEMILIH IKAN YANG SEGAR

CARA MEMILIH IKAN YANG SEGAR

Bagi kalian pecinta seafood pasti sangat menyukai jenis seafood yang satu ini yaitu ikan. Tak hanya rasanya yang enak. Ikan juga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Ikan mengandung zat yang di sangat diperlukan tubuh. Ikan mengandung banyak protein. Selain protein ikan juga mengandung  asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk otak. Juga kalsium , fosfor dan vitamin D. Oleh karena itu selain baik untuk kesehatan ikan juga dapat menutrisi otak dan juga mendukung pertumbuhan tulang. Nah, bagi anda yang sedang ingin memasak ikan. Anda perlu memperhatikan ciri-ciri ikan yang segar. Agar nutrisi di dalamnya masih terjaga dan menghindari resiko keracunan. Lalu apa sajakah ciri-ciri dan cara memilih ikan yang segar itu? Mari kita simak informasinya di bawah ini .

Tips Memilih Ikan Yang Segar

  • Pilih ikan berdasarkan bentuk

Ikan yang segar dapat dilihat melalui bentuk atau ciri-ciri tubuh ikan tersebut. Yang di antaranya adalah ikan tersebut memiliki warna yang masih cerah, mata yang terang, tidak memiliki lendir yang banyak, dan juga nampak mengkilat. Nah, sedangkan jika ikan yang tidak segar memiliki ciri kenampakan yang kusam, suram dan bahkan sangat berlendir jika di pegang atau di sentuh.

  • Pilih berdasarkan bau ikan

Nah, selanjutnya kalian bisa melihat ciri-ciri ikan yang segar melalui bau yang dihasilkan dari ikan tersebut. Ikan yang masih segar memiliki bau khas ikan segar pada umumnya. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar akan mengeluarkan bau yang busuk dan menyengat tajam sekali. Bahkan ikan yang sudah tidak segar bisa mengeluarkan bau asam.

  • Pilih berdasarkan mata ikan

Ikan yang segar dan yang tidak juga bisa dibedakan melalui mata dari ikan tersebut. Ikan yang masih segar memiliki mata yang tidak berlendir , berwarna cerah atau terang dan juga agak menonjol keluar. Sedangkan ikan yang tidak segar berciri-ciri mata yang layu dan juga cenderung  cekung dan masukke dalam rongga mata ikan tersebut.

  • Berdasarkan mulut ikan

Berdasarkan mulut ikan sendiri. Ikan yang masih segar mempunyai mulut yang masih tertutup. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar lagi memiliki mulut dengan posisi terbuka.

  • Berdasarkan sisik

Sisik ikan juga dapat dijadikan pembeda antara ikan yang masih segar dan yang sudah tidak segar. Ikan yang masih segar mempunyai sisik yang berwarna terang dan masih melekat kuat pada tubuh ikan. Sedangkan sisik ikan yang sudah tidak segar cenderung berwarna kusam dan juga sisiknya mudah rontok jika kalian pegang.

  • Berdasarkan tubuhnya

Ikan yang masih segar jika dimasukkan kedalam air akan tenggalam. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar akan mengapung di permukaan air.

  • Berdasarkan daging ikan

Daging ikan yang masih segar jika di raba atau di sentuh akan  terasa kenyal. Dan ikan tersebut dalam kondisi masih lentur. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar jika diraba rasanya lunak dan cenderung kaku.

  • Berdasarkan warna insang ikan

Insang ikan terletak di bagian kanan dan kiri ikan atau yang biasanya menyerupai sirip. Insang ikan yang masih segar akan mempunyai warna kemerahan. Sedangkan insang ikan yang sudah tidak segar akan memiliki warna yang cenderung kecoklatan.

Itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar tidak mendapat ikan yang tidak segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *