July 27, 2021

KENALI BERBAGAI JENIS JAMU TRADISIONAL BESERTA FUNGSINYA

KENALI BERBAGAI JENIS JAMU TRADISIONAL BESERTA FUNGSINYA

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tahu dengan minuman yang satu ini. Jamu adalah sebuah minuman yang terbuat dari bahan alami. Jamu sendiri sudah sejak dulu dikenal sebagai obat tradisional yang tentunya aman dikonsumsi karena membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang di ambil sendiri dari alam alias tidak menggunakan bahan kimia. Nah obat yang satu ini kini populer dengan julukan obat herbal. Jamu dibuat dari bahan dari alam yang diantaranya adalah  beberapa bagian dari tumbuhan, seperti daun, akar, batang, kulit atau buah. Ada juga yang membuat jamu menggunakan tubuh hewan contohnya empedu kambing, empedu ular, kuning telur ayam jawa dan banyak yang lainya. Jamu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang gunanya berbeda-beda. Nah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja macam-macam jamu tradisional yang ada di negara kita ini, anda bisa menyimak informasi yang akan penulis dituliskan pada informasi dibawah ini.

Macam-macam Jamu Beserta Fungsinya

  • Jamu kunyit asam

Jamu kunyit asam atau yang orang jawa sebut sebagai jamu kunir asam merupakan sebuah minuman tradisional yang terbuat dari bahan dasar kunyit, asam jawa dan  juga gula jawa. Jamu kunyit asam ini merupakan salah satu jamu yang disukai oleh banyak orang, karena jamu ini memiliki rasa yang sangat sedap berbeda dengan jamu yang di terkenal akan rasa pahitnya. Selain itu, jamu kunyit asam tidak memiliki bau yang menyengat seperti jamu pada umumnya. Nah jamu ini mempunyai banyak sekali fungsi yang di antara lain adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi keputihan, mengurangi bau badan, menurunkan berat badan dan banyak yang lainya.

  • Jamu beras kencur

Jamu beras kencur juga merupakan jenis jamu yang banyak digemari, karena sama halnya dengan jamu kunyit asam, jamu ini tidak memiliki bau yang menyengat dan tidak memiliki rasa pahit. Hanya saja jamu ini agak sedikit serak jika di minum. Hal ini dikarenakan jamu ini menggunakan beras yang ditumbuk. Meski begitu jamu ini bersifat menyegarkan karena dipadukan dengan gula merah dan juga kencur. Jamu ini berfungsi untuk mengatasi batuk, meringankan sakit flu, dan juga membasmi virus-virus penyebab sakit batuk dan juga flu.

  • Jamu uyup-uyup

Jika dibandingkan dengan kedua jenis jamu di atas jamu yang satu ini mungkin kurang popular. Jamu uyup-uyup merupakan jamu yang biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang menyusui untuk dapat meningkatkan produksi asi mereka. Nah jamu ini dibuat dari bahan alam yang antara lain bangle, jahe, kunyit, kencur , temulawak, lengkuas, katuk, dan juga temu giring. Jamu ini mempunyai rasa yang agak pahit dan bau yang agak menyengat.

  • Jamu pahitan

Nah mendengar jenis jamu di atas pastinya anda terbayang rasa pahit yang dikeluarkan oleh jamu tersebut. Jamu pahitan merupakan jamu yang terbuat dari sambiloto, brotowali, lempuyang, meniran, serai, lengkuas, temu ireng dan lainya yang mempunyai rasa pahit. Meskipun pahit, jamu yang satu ini mempunyai manfaat atau khasiat yang cukup besar jika di konsumsi. Jamu pahitan ini berguna untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya itu jamu ini juga mempunyai fungsi seperti dapat menambah nafsu makan, mengatasi bau badan dan banyak lagi.